Tuesday, December 14, 2010

Analogi menarik dari Pasar Saham

Suatu hari di sebuah desa di India, seorang pria muncul dan mengatakan pada penduduk desa bahwa dia akan membeli monyet - monyet dengan harga $10 per monyet.

Para penduduk desa, mendengar hal tersebut dan melihat bahwa di sekitar mereka terdapat banyak monyet, mulai menangkap dan menjual n ya kepada pria tersebut. Pria tersebut membeli beribu - ribu monyet dengan harga $10 per monyet dan ketika jumlah monyet mulai berkurang, para penduduk mulai dengan perlahan berhenti mencari.

Kemudian pria itu kembali mengumumkan bahwa dia akan membeli monyet - monyet dengan harga yang lebih tinggi yaitu $20 sehingga ini kembali memotivasi para penduduk untuk kembali berburu monyet dan menyebabkan jumlah monyet di daerah tersebut menurun dengan drastis. Kemudian setelah itu para penduduk desa kembali ke peternakan mereka se hari - hari.

Lalu tawaran tersebut meningkat menjadi $25 per monyet, akan tetapi jumlah monyet sangat sedikit sehingga sangat sulit memburu monyet, bahkan bisa melihat monyet pun merupakan sebuah mujizat.

Dan sekarang, pria tersebut mengumumkan bahwa dia akan membeli monyet - monyet dengan harga $50 per monyet, akan tetapi karena dia mempunyai kesibukan di perkotaan, dia akan meninggalkan urusan transaksi ini kepada asistennya.

Sepeninggal pria tersebut, asisten tersebut mengumpulkan para penduduk dan mengatakan kepada mereka:"Lihatlah betapa banyak monyet yang telah pria itu kumpulkan dalam kandang - kandang yang besar - besar ini. Saya akan menjual nya kepada kalian dengan harga $35 per monyet, kemudian ketika boss saya (pria tersebut) pulang, kalian bisa menjual nya kembali pada nya dengan harga $50. Deal or no deal?

Para penduduk yang mencium sebuah keuntungan dari hal tersebut kemudian dengan semangat mengumpulkan seluruh tabungan mereka dan membeli seluruh monyet dari asisten pria tersebut. Setelah itu, para penduduk tidak pernah lagi bertemu asisten pria tersebut maupun pria yang membeli monyet dari mereka. Dan di daerah mereka, kembali terdapat banyak sekali monyet.

No comments:

Post a Comment